Training Pemeliharaa n Mesin IndustriMesin-mesin industri sebenarnya didisain memiliki umur pakai yang tertentu. Umur pakai suatu mesin biasanya diinformasikan oleh pabrik pembuat mesin tersebut.

Suatu mesin yang telah melewati umur disainnya akan sangat wajar apabila performanya menurun atau bahkan mengalami kerusakan. Karena itulah dibutuhkan pemeliharaan mesin industri yang baik.

Kenyataannya, tidak semua mesin industri yang telah melewati umur pakainya mengalami kerusakan atau menurun performanya secara signifikan, bahkan masih mampu beroperasi dengan baik.

Persoalan akan muncul bila mesin-mesin tua tersebut masih berfungsi meskipun umur pakainya sudah terlewati. Apakah akan diganti dengan yang baru atau dipertahankan. Apabila dipilih upaya pemeliharaan mesin industri seperti penggantian mesin misalnya, maka harus disiapkan investasi yang tidak sedikit untuk pengadaan, instalasi, uji-cobanya dan pelatihan bagi operatornya.

Tipe mesin yang baru umumnya lebih canggih dibanding tipe yang lama. Hal ini perlu diantisipasi sebelumnya agar penggantian mesin tersebut tidak sampai menyebabkan produksi berhenti karena menunggu semuanya siap baik mesin maupun operatornya.

Apabila dipilih upaya pemeliharaan mesin industri untuk mempertahankan mesin tua yang ada, maka akan menimbulkan kekhawatiran masalah kehandalan mesin tua tersebut dan sampai kapan dapat dipertahankan. Bila mesin tua tersebut tetap dipakai dapat menjadi tidak handal lagi, sering rusak sehingga berhenti berproduksi dan menyebabkan ongkos operasional dan perawatannya menjadi mahal.

Kedua pilihan tersebut memiliki konsekuensi yang sama yaitu produksi bisa berhenti yang berujung pada hilangnya potensi keuntungan. Dengan mempelajari hal tersebut kami PT. Gama Semesta menawarkan sebuah solusi materi pelatihan Pemelihaaan Mesin Industri (Penilaian Perpanjangan Usia Pakai) atau Life Extension pada mesin industri.

TUJUAN TRAINING PEMELIHARAAN MESIN INDUSTRI (LIFE EXTENSION)

Peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk:

  1. Mengetahui faktor-faktor penyebab kegagalan suatu mesin
  2. Mengetahui konsep dasar penilaian kehandalan suatu mesin
  3. Mengetahui kriteria-kriteria yang digunakan untuk penilaian
  4. Mengetahui teknik pengambilan keputusan

MATERI TRAINING PEMELIHARAAN MESIN INDUSTRI (LIFE EXTENSION)

  1. Penyebab kegagalan suatu mesin
  2. Dasar-dasar penentuan kehandalan suatu mesin
  3. Perumusan kriteria-kriteria untuk penilaian
  4. Teknik pengambilan keputusan yang tepat
  5. Studi kasus

Sasaran peserta Training Pemelihaaan Mesin Industri (Penilaian Perpanjangan Usia Pakai) atau Life Extension pada mesin industri ini, dapat diikuti oleh para supervisor di bagian perawatan, proses produksi atau yang sebidang.

INSTRUKTUR TRAINING PEMELIHARAAN MESIN INDUSTRI (LIFE EXTENSION)

Agus Suprihanto, ST, MT
Masih aktif sebagai Dosen Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro Semarang. Pendidikan S1 Teknik Mesin Undip, S2 Teknik Mesin ITB dan sekarang masih menempuh pendidikan S3 di Teknik Mesin UGM. Ahli di bidang Failure analysis, Materials design and process, beliau pernah menjadi Konsultan Pabrik Es ANWUSA Pemkab Demak dan sebagai instruktur pelatihan diantaranya CAD/CAM, mesin-mesin CNC, CAE/FEM, NDT, pemilihan bahan dan proses, korosi dan pengendaliannya, serta perawatan mesin industri.

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING PEMELIHARAAN MESIN INDUSTRI (LIFE EXTENSION)

  • Biaya training sebesar 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy),sertifikat, flash disk, training kit, souvenir
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel

Info lengkap tentang Training Pemelihaaan Mesin Industri (Penilaian Perpanjangan Usia Pakai) atau Life Extension pada mesin industri ini, Anda dapat menghubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011.