Training Pelumas MesinMesin-mesin yang berputar memerlukan pelumasan untuk mengurangi gesekan. Fungsi pelumas mesin sangat penting karena menghindari keausan komponen yang bergerak, meminimalkan penggunaan energi dan mampu meningkatkan daya keluaran yang maksimal.

Ketidaktepatan penggunaan pelumas dapat menyebabkan kerusakan mesin menjadi lebih cepat dan boros energi. Oleh karena itu pemilihan dan penggunaan pelumas mesin yang sesuai sangat diperlukan.

Saat ini telah banyak beredar pelumas mesin dengan beragam jenis dan merek dagang. Hal ini disatu sisi sangat menguntungkan konsumen karena tersedia banyak alternatif pelumas yang dapat digunakan.

Disisi lain, hal ini menimbulkan kebingungan konsumen dalam memilih jenis dan merek pelumas mesin yang sesuai. Seringkali pengguna pelumas sangat tergantung pada satu merek saja, yaitu merek yang direkomendasikan oleh pembuat mesin yang digunakan.

Hal ini tidaklah menimbulkan masalah selama pelumas mesin tersebut tersedia dan harganya masih terjangkau. Permasalahan akan timbul apabila merek pelumas mesin yang direkomedasikan tidak lagi tersedia atau harus menunggu lama dalam pengadaannya atau harganya yang tidak terjangkau lagi.

Permasalahan pemilihan pelumas mesin tersebut sebenarnya dapat diselesaikan apabila pengguna pelumas memiliki pengetahuan praktis tentang pelumas mesin.

Maka dari itulah kami PT. Gama Semesta menawarkan sebuah materi Training Pelumas Mesin Industri yang akan mengajarkan peserta mengenai: dasar-dasar pelumasan mesin, tipe-tipe pelumas mesin, standarisasi, spesifikasi dan pengujian teknis pelumas, panduan pemilihan, penanganan dan penyimpanan pelumas dan penilaian kualitas pelumas yang masih dipakai di mesin. Guna lebih memperdalam pemahaman, disampaikan contoh-contoh kasus pemilihan pelumas untuk mesin industri.

TUJUAN TRAINING PELUMAS MESIN INDUSTRI

Peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk:

  1. Mengetahui dasar-dasar pelumasan mesin
  2. Mengetahui tipe, spesifikasi, standarisasi dan pengujian teknis pelumas
  3. Mengetahui cara memilih, penanganan dan penyimpanan pelumas
  4. Menilai kualitas suatu pelumas yang sudah dipakai

MATERI TRAINING PELUMAS MESIN INDUSTRI 

  1. Dasar-dasar pelumasan mesin
  2. Tipe, spesifikasi, standarisasi dan pengujian teknis pelumas
  3. Panduan pemilihan dan penanganan pelumas
  4. Metode penilaian kualitas pelumas
  5. Studi kasus

Sasaran peserta kursus Pelumas Mesin Industri ini dapat diikuti oleh para supervisor di bagian perawatan, proses produksi atau yang sebidang.

INSTRUKTUR TRAINING PELUMAS MESIN INDUSTRI

Agus Suprihanto, ST, MT
Masih aktif sebagai Dosen Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro Semarang. Pendidikan S1 Teknik Mesin Undip, S2 Teknik Mesin ITB dan sekarang masih menempuh pendidikan S3 di Teknik Mesin UGM. Ahli di bidang Failure analysis, Materials design and process, beliau pernah menjadi Konsultan Pabrik Es ANWUSA Pemkab Demak dan sebagai instruktur pelatihan diantaranya CAD/CAM, mesin-mesin CNC, CAE/FEM, NDT, pemilihan bahan dan proses, korosi dan pengendaliannya, serta perawatan mesin industri.

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING PELUMAS MESIN INDUSTRI

  • Biaya training sebesar 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir)
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel

Informasi lengkap seputar Pelatihan Training Pelumas Mesin Industri silahkan menghubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011.