Training Komponen MesinKeberlangsungan suatu proses di suatu pabrik/power plant, sangat ditentukan oleh kehandalan peralatan atau mesin yang terdapat di dalamnya.

Umumnya peralatan dan mesin tersebut telah didesain sedemikian rupa untuk dapat beroperasi dengan baik untuk periode waktu yang telah ditentukan.

Kenyataannya, peralatan dan komponen mesin tersebut seringkali mengalami kerusakan atau kegagalan sebelum mencapai umur operasinya. Hal ini tentunya akan mengganggu produktifitas dan berdampak hilangnya keuntungan.

Umumnya upaya perbaikan peralatan dan mesin yang rusak tersebut, dilakukan dengan cara mengganti komponen mesin yang rusak. Sayangnya upaya ini tidak selalu berhasil memuaskan, karena peralatan atau mesin yang telah diperbaiki tersebut seringkali mengalami kerusakan kembali.

Agar upaya perbaikan mencapai keberhasilan, maka diperlukan upaya untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan komponen mesin. Dengan diketahuinya penyebab keruskan tersebut, maka dapat dilakukan upaya perbaikan yang lebih tepat. Kegiatan mengidentifikasi kerusakan dan merumuskan solusi atas kerusakan komponen mesin ini dikenal dengan analisis kegagalan.

Kami PT. Gama Semesta menawarkan materi lengkap yang terangkum dalam Training Analisis Kegagalan Komponen Mesin yang mengajarkan peserta: bagaimana melakukan kegiatan analisis kegagalan secara umum, mengenali faktor-faktor penyebab kegagalan suatu komponen mesin dan memberikan solusi perbaikannya. Guna lebih memperdalam pemahaman, diajarkan pula studi kasus analisis kegagalan yang terjadi pada komponen mesin.

TUJUAN TRAINING ANALISIS KEGAGALAN KOMPONEN MESIN

Peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk:

  1. Mengenali penyebab kegagalan suatu komponen mesin
  2. Mampu merancang kegiatan analisis kegagalan
  3. Merumuskan solusi untuk perbaikan komponen mesin

MATERI TRAINING ANALISIS KEGAGALAN KOMPONEN MESIN

  1. Faktor-faktor penyebab kegagalan komponen mesin
  2. Panduan kegiatan analisis kegagalan
  3. Studi kasus
  4. Analisis kegagalan pada sistem pemipaan akibat korosi
  5. Analisis kegagalan pada pompa
  6. Diskusi persoalan kerusakan komponen mesin yang dihadapi oleh peserta kursus

Sasaran peserta training analisis kegagalan komponen mesin ini dapat diikuti oleh supervisor di bagian perawatan, proses produksi atau yang sebidang.

INSTRUKTUR TRAINING ANALISIS KEGAGALAN KOMPONEN MESIN

Agus Suprihanto, ST, MT
Masih aktif sebagai Dosen Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro Semarang. Pendidikan S1 Teknik Mesin Undip, S2 Teknik Mesin ITB dan sekarang masih menempuh pendidikan S3 di Teknik Mesin UGM. Ahli di bidang Failure analysis, Materials design and process, beliau pernah menjadi Konsultan Pabrik Es ANWUSA Pemkab Demak dan sebagai instruktur pelatihan diantaranya CAD/CAM, mesin-mesin CNC, CAE/FEM, NDT, pemilihan bahan dan proses, korosi dan pengendaliannya, serta perawatan mesin industri.

BIAYA DAN FASILITAS

  • Biaya training sebesar 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir)
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel

Silahkan hubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011 untuk informasi lengkap seputar training analisis kegagalan komponen mesin.