Efisiensi Manajemen EnergiManajemen energi sangat diperlukan dalam suatu industri. Karena industri menggunakan energi dalam jumlah besar baik untuk unit proses seperti pengolahan,  manufaktur, pengemasan maupun untuk unit utilitas pendukungnya.

Unit proses umumnya menggunakan banyak mesin dan membutuhkan panas dalam jumlah besar. Jenis energi yang digunakan pada umumnya adalah energi fosil seperti minyak bumi, gas dan batu bara.

Karena jenis dan tipe industri sangat beragam, maka efisiensi energi sangat bergantung pada peralatan dan teknologi yang digunakan untuk proses produksi tersebut.

Dengan harga bahan bakar yang semakin membumbung tingi , akan berakibat terhadap beaya produksi dan akan mengurangi profit. Pemanfaatan energi dengan efisiensi tinggi sangat diperlukan. Banyak hal-hal ataupun variabel yang dilakukan industri kurang dicermati sehingga terjadi pemborosan energi (energi hilang melalui effluent gas, permukaan alat dan kondisi operasi yang tidak benar).

Pemerintah juga telah mengatur melalui UU No 30 tahun 2007 telah di tetapkan akan kewajiban bagi perusahaan atau industri untuk melakukan manajemen energi. Salah satu langkah dalam mencapai efesiensi energi yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan audit energi secara berkala dan melaksanakan rekomendasi hasil audit energi. Audit energi dilaksanakan untuk mengidentifikasi peluang penghematan energi serta memberikan rekomendasi bagaimana mengelola penggunaan energi agar lebih efisien.

Pelatihan Targeting Efisiensi Energi di Industrial Process melalui manajemen energi ini sangat bermanfaat bagi industri yang sedang melakukan penekanan penggunaan energi (terutama di industri perminyakan / kilang dan industri kimia yang padat energi) yang seefisien mungkin. Materi pelatihan ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi alat / sistem yang boros energi.

MATERI TRAINING TARGETING EFESIENSI ENERGI MELALUI MANAJEMEN ENERGI

  1. Identifikasi energi di industri
  2. Audit energi
  3. Konsep dasar analisis energi di industri
  • Losses energy concept
  • Energy concept
  • Thermal efficiency concept
  1. Targeting energy utilization
  • Pinch technology method
  • Energy integration
  • Heat to Heat integration
  • Heat to Power integration

Sasaran peserta training Targeting Efisiensi Energi di Industrial Process melalui manajemen energi ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan  penanganan energy dalam proses-proses  kimia.

INSTRUKTUR TRAINING TARGETING EFESIENSI ENERGI MELALUI MANAJEMEN ENERGI

Candra Wahyu Purnomo, ST,  M.Eng,  D.Eng dan Team
Staff pengajar di Teknik Kimia UGM.Pendidikan dari Australia dan doktoral di Jepang. Ahli dalam bidang material, water treatment dan proses industri.

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING TARGETING EFESIENSI ENERGI MELALUI MANAJEMEN ENERGI

  • 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir)

WAKTU PELAKSANAAN TRAINING TARGETING EFESIENSI ENERGI MELALUI MANAJEMEN ENERGI

  • 9-12 Februari, 4-7 Mei dan 9-12 November 2015

Informasi selengkapnya mengenai training Targeting Efisiensi Energi di Industrial Process melalui manajemen energi silahkan hubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011.