Training Pengolahan Kilang MinyakDalam proses produksinya, hampir semua unit kilang menghasilkan effluent dalam bentuk cair. Ada berbagai bentuk effluent di unit pengolahan kilang minyak (UP).

Sebelum dilepas ke lingkungan effluent ini ditreatment lebih dahulu, untuk memenuhi regulasi yang berlaku ditanah air.

Ada kalanya treatment itu dimaksudkan untuk “Recovery” atau mengambil kembali bahan-bahan yang masih punya nilai keekonomisan atau valuable material  (minyak, chemicals, dll).

Limbah yang dihasilkan industri minyak bumi umumnya mengandung logam-logam berat maupun senyawa yang berbahaya. Selain logam berat, limbah, atau air buangan industri, minyak bumi juga mengandung senyawa-senyawa hidrokarbon yang sangat rawan terhadap bahaya kebakaran.

Dalam setiap kegiatan industri, air buangan yang keluar dari kawasan industri minyak bumi harus diolah terlebih dahulu dalam unit pengolahan limbah. Hasil pengolahan ini akan membuat  air buangan yang telah diproses dapat memenuhi spesifikasi dan persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Secara garis besar effluent water treatment kilang minyak dibagi menjadi dua, yaitu treatment oily water dan treatment air buangan proses. Treatment oily water dilakukan di rangkaian separator sedangkan treatment air buangan proses dilakukan menggunakan lumpur aktif (activated sludge) yang merupakan campuran dari koloni mikroba aerobik.

Training effluent dari unit pengolahan kilang minyak (refinery) ini bertujuan untuk membekali operator pengetahuan dalam rangka meminimumkan ongkos pengolahan, efisiensi recovery effluent, sehingga memenuhi regulasi yang berlaku. Berbagai proses dan parameter yang terkait dengan berbagai jenis effluent serta penangannnya akan dipelajari dalam pelatihan ini.

MATERI TRAINING EFFLUENT DARI UNIT PENGOLAHAN KILANG MINYAK (REFINERY)

  1. Berbagai sumber dan jenis effluent di unit pengolahan kilang minyak
  2. Identifikasi effluent
  3. Regulasi yang berlaku.
  4. Purifikasi terhadap effluent
  5. Treatment terhadap “ Sour Condensates” di unit pengolahan minyak minyak
  6. Technology oil-recovery untuk refinery effluent
  7. Oil separator ( API Collector, CPI, Gravity collector)
  8. Studi kasus refinery-effluent treatment.

Sasaran peserta training effluent dari unit pengolahan kilang minyak ini bisa diikuti oleh para  engineer dan operator  di unit pengolahan kilang minyak.

INSTRUKTUR TRAINING EFFLUENT DARI UNIT PENGOLAHAN KILANG MINYAK (REFINERY)

Candra Wahyu Purnomo, ST,  M.Eng,  D.Eng dan Team
Staff pengajar di Teknik Kimia UGM. Pendidikan dari Australia dan doktoral di Jepang. Ahli dalam bidang material, wate treatment dan proses industri.

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING EFFLUENT DARI UNIT PENGOLAHAN KILANG MINYAK (REFINERY)

  • 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy),sertifikat, flash disk, training kit, souvenir

Detail informasi tentang pelatihan effluent dari unit pengolahan kilang minyak, hubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011.