Training Penanganan Limbah GasPada proses produksi, sebuah industri akan menghasilkan limbah berupa padat, cair maupun gas. Hasil gas buang/effluent/emisi dari suatu industri sangat beragam baik dalam jumlah maupun kualitasnya.

Peraturan telah dibuat dengan menetapkan baku mutu untuk emisi/gas buang. Penanganan limbah gas ini dilakukan dalam rangka “menyongsong langit biru “ clean production” .

Konstituen dalam gas buang dapat berupa dapat menjadi sumber pencemaran yang terjadi di udara antara lain: oksida karbon (CO dan CO2 ),  oksida nitrogen (NO, NO2  dan NOx), oksida belerang (SO2  dan SO3 ), hidrokarbon (CH4 , C4H10, C6H6), gas air mata, fotokimia oksidan (O3 , peroksida, aldehida), partikel (debu, asap, jelaga, asbestos, logam, dan minyak).

Selain itu ada senyawa anorganik (SOCl2 , AsCl3 , PCl3 , Cl2 , NH3 , H2S, HNO3), senyawa organik/anorganik lain (raksa, pestisida, herbisida, alkohol, asam-asam dan zat kimia lainnya), zat radioaktif, panas, bising/kenyamanan, faktor-faktor difusi dan  bau. Untuk memenuhi baku mutu emisi/gas buang pabrik, perlu dilakukan treatment atau penanganan limbah gas terhadap gas buang tersebut.

Treatment yang benar dan baku sangat diperlukan agar gas buang tersebut tidak mencemari lingkungan. Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan mahkluk hidup, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.

Pencemaran udara merupakan masuknya, atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfer yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. Pencemaran ini tidak hanya berbahaya bagi lingkungan tetapi juga bagi karyawan dan kelangsungan industri tersebut.

Untuk itu perlu diberikan pembekalan terhadap “plant’s employees” tentang “health hazard “ dari gas buang, cara treatment, dan sistem kontrol yang benar. Dan training penanganan limbah gas inilah sebuah solusi untuk menangani permasalahan tersebut.

MATERI TRAINING PENANGANAN LIMBAH GAS

  1. Pollutans udara di industri
  2. Sumber pollutan dan health effect
  3. Identifikasi dan karakterisasi gas buang / effluent
  4. Particulate control dalam emisi / gas / udara
  5. Quality Control untuk emisi / gas buang / udara pabrik

Sasaran peserta pelatihan penanganan limbah gas ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan  proses kimia khususnya yang terkait dengan pengelolaan gas buangan industri.

INSTRUKTUR TRAINING PENANGANAN LIMBAH GAS

Candra Wahyu Purnomo, ST,  M.Eng,  D.Eng dan Team
Staff pengajar di Teknik Kimia UGM. Pendidikan dari Australia dan doktoral di Jepang. Ahli dalam bidang material, wate treatment dan proses industri.

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING PENANGANAN LIMBAH GAS

  • 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy),sertifikat, flash disk, training kit, souvenir

Info lengkap tentang training dasar-dasar pengetahuan tentang katalisator di kilang minyak pertamina, Anda bisa menghubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011.