training-pabrik-pupukDengan  semakin berkembangnya teknologi dan dunia industri, maka proses industri kimia dan permasalahannya juga semakin kompleks. 

Proses yang lebih kompleks  tersebut  meliputi keterlibatan suhu dan tekanan yang lebih tinggi serta bahan-bahan kimia yang lebih reaktif, beracun dan berbahaya.

Oleh karena itu, setiap industri harus memperhatikan aspek keselamatan. Keselamatan kerja merupakan salah satu faktor utama yang sering dibahas oleh industri-industri kimia beberapa tahun terakhir ini.

Kesadaran akan pentingnya keselamatan ini didasari oleh keadaan dimana investasi yang telah dilakukan yang umumnya bernilai besar pada suatu pabrik dapat hilang atau rusak akibat adanya kelalaian dalam pengoperasian atau kelalaian terhadap prosedur keselamatan yang ada yang juga dapat membahayakan para pekerja.

Proses yang terjadi disetiap pabrik pupuk dan industri Petrokimia  adalah sangat komplek. Selain mengolah bahan kimia yang berbahaya, juga kondisi proses yang relatif ekstrem jika dibanding dengan industri – industri  yang lain. Pabrik Pupuk dikenal sebagai High Risk Process, sangat sering terjadi “accident“,  shut down ataupun “near misses accident“ yang mengakibatkan kerugian pabrik (loss of days , properties damage, operator injury dll).

Accident ini pada umumnya diawali dengan releasing hazardous materials, upset condition, yang mengakibatkan kebakaran, dispersi bahan kimia racun di pabrik dan di lingkungan. Pelatihan Evaluasi Kajian Resiko Proses di Industri Pabrik Pupuk quantitatif process risk assessment (QRA) mefokuskan pada kajian resiko yang mungkin  atau akan terjadi  yang ditimbulkan oleh kegagalan suatu proses.

Dengan mengikuti ini, engineer, operator rapat melakukan “RISK RANKING“ dari beberapa accident scenario untuk realisasi hazard / top accident yang dipelajari. Operator atau engineer dapat memfokuskan pekerjaan dan dapat mengkaji unit / alat / proses yang ada beresiko atau tidak.

MATERI TRAINING EVALUASI KAJIAN RESIKO PROSES DI INDUSTRI PABRIK PUPUK

  1. Introduction to Modern Risk Management
  2. Identifikasi releasing hazardous chemical di Pabrik Pupuk
  3. Acciden event scenarios ( fire, explosion, dispersion toxic chemical NH3 )
  4. Hazard identification ( FTA )
  5. Consequences Analysis
    1. Accident / incident scenarios
    2. Dispersion models
    3. Consequences analysis
  1. Risk Criteria
  2. Risk control
    1. Eliminate
    2. Minimize the risk
    3. Transfer ( insurance )
  1. Studi kasus realisasi hazard di Pabrik Pupuk di Indonesia

Sasaran peserta training evaluasi kajian resiko proses di industri pabrik pupuk bisa diikuti oleh para operator pada pabrik pupuk atau industri petrokimia.

INSTRUKTUR TRAINING EVALUASI KAJIAN RESIKO PROSES DI INDUSTRI PABRIK PUPUK

Candra Wahyu Purnomo, ST,  M.Eng,  D.Eng dan Team
Staff pengajar di Teknik Kimia UGM. Pendidikan dari Australia dan doktoral di Jepang. Ahli dalam bidang material, water treatment dan proses industri.

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING EVALUASI KAJIAN RESIKO PROSES DI INDUSTRI PABRIK PUPUK

  • 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy),sertifikat, flash disk, training kit, souvenir

Hubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011 untuk detail informasi tentang pelatihan training evaluasi kajian resiko proses di industri pabrik pupuk.