Training Manajemen PabrikResiko dari suatu proses pengoperasian pabrik antara lain kerusakan alat yang dapat berakbiat lebih lanjut : trip, shut down, failure equipment dan lain-lain.

Sangat tidak diinginkan oleh manajemen, karena dapat mengurangi profit (loss of benefit, loss of production). Dampak lain adalah accident record yang tinggi yang menjadi cacatan negaif pihak regulator atau pemerintah.

Salah satu cara untuk mengurangi “resiko”, adalah operator dengan “benar dan fokus” melakukan inspeksi terhadap proses/operasi/alat/prosedure yang ditengarai memiliki “ranking” resiko yang tinggi.

Kemudian proses di atas dapat dilakukan mitigasi terhadap resiko itu (perawatan atau maintenance, penggantian spare part, over haul dan pengoperasian dengan benar). Inspeksi yang tersusun dan terjadwal dengan baik dan benar akan dapat menekan resiko kegagalan proses dan kecelakaan kerja.

Dalam training manajemen pabrik inspeksi proses/operator untuk mengurangi resiko (risk based inspection (RBI) and maintenance reliability) ini, para peserta (supervisor, senior operator, maintenance) dibekali dengan bagaimana cara mengenali suatu unit/ operasi/ alat itu memiliki ranking resiko yang tinggi, tindakan-tindakan inspeksi/ mitigasi untuk mencegah resiko.

MATERI TRAINING MANAJEMEN PABRIK INSPEKSI PROSES /OPERATOR

  1. Skenario terjadinya event (shutdown operation, trip, equipment gagal, tangki pecah dan lain-lain)
  2. Identifikasi dari suatu event (shut down oiperasi, tumpahan bahan kimia dan lain-lain)
  3. Estimenasi frequensi terjadinya failure
  4. Assessment konsekuensi dari suatu gagal operasi
  5. Risk Evaluation dari accident event (shutdown, fire, tank failure)
  6. Risk ranking / criteria
  7. Tindakan inspeksi yang harus dilakukan operator
  8. Maintenance task
  9. Studi kasus RBI di Unit Kilang Minyak dan Industri Petrokimia

Sasaran peserta pelatihan manajemen pabrik inspeksi proses/operator untuk mengurangi resiko ini bisa diikuti oleh para  engineer dan operator  di kilang minyak dan industri petrokimia

INSTRUKTUR TRAINING MANAJEMEN PABRIK INSPEKSI PROSES /OPERATOR

Candra Wahyu Purnomo, ST,  M.Eng,  D.Eng dan Team
Staff pengajar di Teknik Kimia UGM.Pendidikan dari Australia dan doktoral di Jepang. Ahli dalam bidang material, water treatment dan proses industri.

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING MANAJEMEN PABRIK INSPEKSI PROSES /OPERATOR

  • 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy),sertifikat, flash disk, training kit, souvenir)

Info lengkap tentang training manajemen pabrik inspeksi proses/operator untuk mengurangi resiko, Anda bisa menghubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011.