Training-Pelatihan-Manajemen-Penanganan-Pengolahan-Limbah-B3

Pengelolaan limbah sebagai hasil samping aktifitas manusia baik di industry maupun rumah tangga memerlukan manajemen yang baik. Limbah yang dihasilkan itu, banyak diantaranya tergolong limbah bahan beracun dan berbahaya.

Undang-undang 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang dimaksud dengan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan, merusak lingkungan hidup, dan/atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya.

Limbah bahan berbahaya dan beracun adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung B3. Sedangkan dumping (pembuangan) adalah kegiatan membuang, menempatkan, dan/atau memasukkan limbah dan/atau bahan dalam jumlah, konsentrasi, waktu, dan lokasi tertentu dengan persyaratan tertentu ke media lingkungan hidup tertentu.

Untuk pengolahan limbah B3 bahan buangan industri, yang dikenali sebagai bahan buangan berbahaya, memerlukan wawasan dan identifikasi yang benar terhadap bahan berbahaya tersebut. Identifikasi bahan meliputi: “ why / when / who / what / where “ dari bahan buangan industri yang dikategorikan sebagai “hazardous waste”.

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) tidak dapat begitu saja ditimbun, dibakar atau dibuang ke lingkungan, karena mengandung bahan yang dapat membahayakan manusia dan makhluk hidup lain. Limbah ini memerlukan cara penanganan yang lebih khusus dibanding limbah yang bukan B3.

Pengolahan limbah B3 perlu diperhatikan, baik secara fisik, biologi, maupun kimia sehingga menjadi tidak berbahaya atau berkurang daya racunnya. Setelah diolah limbah B3 masih memerlukan metode pembuangan yang khusus untuk mencegah resiko terjadi pencemaran.

Melalui pelatihan manajemen pengolahan limbah B3 (HAZARDOUS WASTE MANAGEMENT), peserta training dapat memiliki pengetahuan yang mencakup : cara-cara  identifikasi bahan, handling, storing dan cara pengolahan dan pembuangan bahan berbahaya tersebut.

MATERI PELATIHAN MANAJEMEN PENGOLAHAN LIMBAH B3 (HAZARDOUS WASTE)

  1. Identifikasi dan klasifikasi terhadap Bahan Buangan  Berbahaya  (B3) / Hazardous Waste
  2. Effect terhadap kesehatan dan lingkungan (Health & environment effects)
  3. Handling and Transportation  of  Hazardous Waste
  4. Pengelolaan untuk Industrial Hazardous Waste
  5. Remedial Action untuk Hazardous Waste

Sasaran peserta training manajemen pengolahan limbah B3 ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan  proses kimia khususnya yang terkait dengan bahan buangan industri yang berbahaya.

INSTRUKTUR TRAINING MANAJEMEN PENGOLAHAN LIMBAH B3 (HAZARDOUS WASTE)

Candra Wahyu Purnomo, ST,  M.Eng,  D.Eng dan Team
Staff pengajar di Teknik Kimia UGM. Pendidikan dari Australia dan doktoral di Jepang. Ahli dalam bidang material, water treatment dan proses industri.

BIAYA DAN FASILITAS TRAINING MANAJEMEN PENGOLAHAN LIMBAH B3 (HAZARDOUS WASTE)

  • 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) / peserta (Non Residential)
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : (Modul (hard and soft copy),sertifikat, flash disk, training kit, souvenir)

Info lengkap tentang pelatihan manajemen pengolahan limbah B3, Anda bisa menghubungi ibu Kusnuroini atau ibu Risma di 0813-9229-0011.