WATER POLLUTION

0 Comments

Setiap makhluk hidup, terutama manusia, sangat membutuhkan air untuk kehidupan sehari-hari mereka. Air bersih digunakan manusia untuk minum, memasak, mandi, mencuci, dan sebagainya. Air harus memenuhi persyaratan fisik, kimia, dan biologis untuk dikonsumsi. Secara fisik, air layak dikonsumsi jika tidak berbau, tidak berasa, atau tidak berwarna. Selain itu, air tidak boleh mengandung racun atau zat kimia berbahaya (persyaratan kimia), dan tidak mengandung bakteri, protozoa atau kuman. Karena itu, membersihkan dan membebaskan air dari polutan sangat penting. Coba bayangkan bagaimana jika air yang kita gunakan untuk minum dan memasak sudah tercemar oleh berbagai polutan?
Polusi air dapat terjadi di sungai, air tanah, dan laut. Menurut peraturan pemerintah (PP) No. 82 tahun 2001 tentang lingkungan, pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan / atau komponen lain ke dalam air oleh aktivitas manusia sehingga kualitas air turun ke suatu level yang menyebabkan air tidak berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Definisi lain dari polusi air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air atau perubahan dalam struktur air oleh aktivitas manusia atau oleh proses alami sehingga kualitas air turun ke tingkat tertentu yang menyebabkan air menjadi menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi sesuai dengan tujuannya.
Polusi air dapat bersumber dari limbah rumah tangga, limbah pertanian, dan limbah industri. Polusi air dapat menjadi padat dan cair dan beberapa bersifat organik atau anorganik.
Polusi air yang berat dapat menyebabkan polutan meresap ke dalam air tanah yang merupakan sumber air untuk kehidupan sehari-hari seperti mencuci, mandi, memasak, dan untuk air minum. Air tanah yang tercemar akan sangat sulit untuk kembali ke air bersih. Pengenceran dan penguraian polutan dalam air tanah sangat sulit karena air tidak mengalir dan tidak mengandung pengurai aerobik.
Pelaku industri harus memahami terkait dengan limbah industri dan polusi air. Sehingga dapat menangani limbah secara efektif sehingga pencemaran air khususnya dapat dikurangi.

MATERI PELATIHAN :

  1. Mengenal Limbah Cair
  2. Kebijakan dan Peraturan tentang Limbah Cair
  3. Evaluasi Limbah Cair
  4. Menakar Pencemaran Limbah Cair
  5. Minimasi Limbah Cair
  6. Instalasi Pengolahan Limbah Cair (IPAL)
  7. Pengendalian IPAL
  8. Penanganan Lumpur
  9. Penanganan Pencemaran

PESERTA PELATIHAN :

Pejabat/ staf/ operator/ teknisi/ petugas laboratorium yang dalam tugasnnya banyak terkait dengan air dan air limbah.

INSTRUKTUR PELATIHAN :

Sri Rahayu Gusmarwani, S.T., M.T dan Tim

FASILITAS :

  1. Pelatihan di Hotel Berbintang di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar.
  2. Modul (hard and soft copy), Sertifikat, Flash disk, Training kit, Souvenir, Lunch, 2x Coffee Break

INFORMASI LEBIH LANJUT & PENDAFTARAN:

PT Gama Semesta Konsultindo

CP : Risma / Nuroini / Lilis/ Isna

Hp : 0813 9229 0011 / 0812 1516 0011 / 0877 3989 1000

Telp. : 0274 – 2820009, Fax. : 0274 – 6473006

E-mail : gamasemesta@gmail.com, info@gamasemesta.comHomepage :www.gamasemesta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami !