HAZOP ( HAZARD OPERATIBILITY) STUDY

0 Comments

Studi operabilitas bahaya atau HAZOPS adalah salah satu teknik identifikasi dan analisis bahaya yang digunakan untuk meninjau suatu proses atau proses pada sistem secara sistematis. Selain itu HAZOPS juga dapat digunakan untuk menentukan apakah penyimpangan dalam suatu proses dapat menyebabkan peristiwa atau kecelakaan yang tidak diinginkan. Karakteristik utama HAZOPS adalah sistematis, menggunakan struktur dan pengaturan tinggi dengan mengandalkan kata-kata panduan dan ide-ide tim untuk melanjutkan dan memastikan penjaga yang aman sesuai atau tidak dengan tempat atau objek yang sedang dipelajari.

Hazard adalah sumber risiko yang dapat menyebabkan bahaya baik material, lingkungan, dan manusia. Pengaruh manifestasi potensi bahaya dalam industri sering kali menghasilkan tidak hanya dalam industri atau tenaga kerja di sana, tetapi juga mengakibatkan kerugian bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya, misalnya dalam kasus kebakaran atau ledakan. Dalam operasi industri, banyak menggunakan peralatan yang mendukung kegiatan industri seperti reaktor, turbin dan lainnya yang memiliki potensi bahaya untuk setiap peralatan dan yang terkait dengan operasi mereka. Perlu ada studi bahaya untuk setiap peralatan industri untuk mengetahui potensi bahaya yang ada dari peralatan itu sendiri dan pengoperasian peralatan sehingga risiko kecelakaan dapat dicegah.

HAZOPS adalah salah satu dari beberapa signifikan, sistematis dan bernilai untuk melakukan proses penilaian, evaluasi dan pengujian proses dan rekayasa sistem yang digunakan untuk proses sistem yang sudah berjalan atau yang akan dilaksanakan. Studi HAZOP saat ini telah menjadi dasar dalam proses desain dan modifikasi keselamatan. Studi Keselamatan dan Operabilitas (HAZOPS) pertama kali dikembangkan oleh ICI, sebuah perusahaan kimia di Inggris. Pada awalnya, HAZOP lebih sering diterapkan di industri kimia. Tetapi seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan teknik analisis bahaya, beberapa industri lain, seperti industri makanan, farmasi dan pertambangan (termasuk pengeboran minyak dan gas lepas pantai), juga telah menerapkan HAZOPS. Tujuan utama HAZOPS adalah mengenali potensi bahaya (terutama yang membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan), dan berbagai masalah kemampuan operasional (operabilitas) dalam setiap proses karena penyimpangan dari maksud desain proses – proses di pabrik yang telah aktif atau pabrik baru akan dioperasikan.

Dengan berpartisipasi dalam pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep HAZOPS, dapat melakukan analisis bahaya dan penilaian risiko di tempat kerja dengan metode / teknik HAZOP, dan mampu mengembangkan sistem pengendalian bahaya dan risiko di perusahaan.


MATERI PELATIHAN YANG DISAMPAIKAN :

  1. Review tentang hazop study
  2. RCM, fault tree analysis
  3. Failure and mode effect analysis (FMECA)
  4. Haz-R-op result: generic FMEA, Task selection/maintenance task risk ranking, recommendation
  5. Haz-R-op team
  6. Case Study

PESERTA PELATIHAN

Training ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan berbagai proses yang dapat mengancam keselamatan pekerja.

INSTRUKTUR PELATIHAN :

Muslikhin Hidayat, S.T., M.T., PhD dan Tim

FASILITAS SELAMA PELATIHAN :


Fasilitas : Modul (hard and soft copy), Sertifikat, Flash disk, Training kit, Souvenir, Lunch, 2x Coffee Break

QUOTA MINIMAL 2 ORANG PESERTA

INFORMASI LEBIH LANJUT & PENDAFTARAN

PT Gama Semesta Konsultindo
CP : Risma / Nuroini / Lilis/ Isna
Hp : 0813 9229 0011 / 0812 1516 0011 / 0877 3989 1000
Telp. : 0274 – 2820009, Fax. : 0274 – 6473006
E-mail : gamasemesta@gmail.com, info@gamasemesta.com
Homepage : www.gamasemesta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami !