H2S AND CO2 REMOVAL

0 Comments

DESKRIPSI :

Gas alam adalah gas yang diperoleh dari reservoir alami bawah tanah baik sebagai gas alam maupun yang terkait dengan minyak mentah. Jadi, gas alam dan minyak mentah sering ditemukan di reservoir yang sama. Komposisi gas bumi tidak sama untuk setiap tempat, karena komposisi sangat dipengaruhi oleh kedalaman reservoir dan juga kondisi geologis reservoir. Komposisi utama gas alam adalah metana (CH4), hidrokarbon berat lainnya dan juga berbagai pengotor seperti karbon dioksida (CO2), Nitrogen (N2) dan Hidrogen Sulfida (H2S) dan uap air.
Gas alam yang ditemukan di reservoir bersama dengan minyak mentah biasanya disebut sebagai gas terkait, sementara gas alam di reservoir hanya dibagi dengan sedikit atau tidak ada minyak mentah yang disebut gas non-asosiasi. Gas non-asosiasi ini biasanya juga disebut sebagai gas sumur atau gas kering.
Mengolah gas bumi sebenarnya adalah proses pemurnian gas bumi dengan menghilangkan kontaminan / kotoran yang terkandung di dalamnya. Sedangkan untuk hidrokarbon yang lebih berat akan diproses lagi dengan berbagai keperluan komersial lainnya. Pemurnian gas alam harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Biasanya standar-standar ini ditentukan dengan mempertimbangkan sistem desain distribusi perpipaan dan juga permintaan pasar. Biasanya standar yang dipertimbangkan / dipertimbangkan adalah nilai nilai kalor, titik embun dan kandungan hidrogen sulfida (H2S) dan karbon dioksida (CO2). Dengan demikian pemrosesan yang dilakukan harus dapat memenuhi standar yang ditetapkan agar dapat memenuhi permintaan pasar.
Proses awal pengolahan gas alam adalah H2S dan CO2 Removal. Proses yang digunakan biasanya diserap dengan larutan amina. H2S dan CO2 memiliki kelarutan tinggi dalam larutan amina. Gas alam yang relatif bebas dari hidrogen sulfida akan disebut gas manis sementara yang masih mengandung banyak hidrogen sulfida disebut gas asam.
Dalam pelatihan ini, peserta akan diperkenalkan dengan lebih detail tentang proses H2S dan CO2 Removal. Dimulai dengan mengenal gas alam dari reservoirnya, sifat-sifat dan sifat-sifat gas itu sendiri, diagram aliran gas, prinsip-prinsip proses H2S dan CO2 Removal dari kedua bahan yang terlibat, kondisi operasi dan komponen yang digunakan. Selain itu, peserta juga akan diajak berdiskusi dan berbagi tentang berbagai masalah yang dihadapi di pabrik. Dengan pelatihan ini, para peserta diharapkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang proses H2S dan CO2 Removal, memahami setiap variabel proses yang berpengaruh, dapat menyulitkan dan mengambil tindakan yang tepat dan cepat.

MATERI PELATIHAN:

  1. Recognition of Hydrocarbon Reservoirs : reservoir rocks, reservoir traps, physical properties of reservoir rocks
  2. Law of Gas: ideal gas, real gas.
  3. Gas Composition : gas molecule compound, another compound contents.
  4. Condensate Gas
  5. Physical Properties of Thermodynamics Gas
  6. Chemical Composition of Formation Water
  7. Separation and Gas Processing
  8. Dehydration and Gas Puring
  9. Gas Cooling System
  10. Gas Puring
  11. Gas Sweetening
  12. Liquid Natural Gas
  13. CO2 Removal
  14. H2S Removal

PESERTA PELATIHAN:

Operators, field technicians, and professionals who work and have relationship with oil and gas industry.

INSTRUKTUR:

Sri Rahayu Gusmarwani, S.T., M.T dan Tim

FASILITAS:

  1. Pelatihan di Hotel Berbintang di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar.
  2. Modul (hard and soft copy), Sertifikat, Flash disk, Training kit, Souvenir, Lunch, 2x Coffee Break

INFORMASI LEBIH LANJUT & PENDAFTARAN:

PT Gama Semesta Konsultindo

CP : Risma / Nuroini / Lilis/ Isna

Hp : 0813 9229 0011 / 0812 1516 0011 / 0877 3989 1000

Telp. : 0274 – 2820009, Fax. : 0274 – 6473006

E-mail : gamasemesta@gmail.com, info@gamasemesta.comHomepage :www.gamasemesta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami !